Setelah menikah 8 bulan, aku dan suami mengikuti program kehamilan. Sebelumnya sempat tanya-tanya juga sama klien yang pernah menjalankan pr...

Program Hamil Itu Menyenangkan

00.17.00 Suciarti Wahyuningtyas 58 Comments

Setelah menikah 8 bulan, aku dan suami mengikuti program kehamilan. Sebelumnya sempat tanya-tanya juga sama klien yang pernah menjalankan program kehamilan dan rata-rata ke dokter yang sama. Dokter Spog ini hanya praktek di rumah sakit Brawijaya dan Asri, karena yang weekend hanya ada di rumah sakit Asri, maka hari sabtu aku dan suami dateng ke rumah sakit Asri. Sebelumnya aku mendaftar dulu sebagai pasien yang ingin konsultasi, memang sih di rumah sakit Asri banyak dokter Spog tetapi kami memilih dokter Damar Prasmusinto. Setelah menunggu beberapa jam praktek dimulai, mulailah giliran saya dipanggil untuk masuk ke dalam. Dr Damar adalah dokter yang sangat ramah, murah senyum dan bisa membuat pasiennya tidak panik atau takut.


Pertemuan pertama...
Dr Damar menanyakan kepada kami sudah berapa lama kami menikah? Begitu kami jawab baru 8 bulan, dokternya hanya senyum-senyum karena dikiranya kami sudah menikah lebih dari 5 tahun sehingga mengikuti program kehamilan. Menurutnya banyak pasiennya yang ikut program kehamilan yang sudah menikah lebih dari 5 tahun. Setelah percakapan yang ringan dan penuh dengan canda tawa, berubah ketika dr Damar memeriksa isi rahimku dan mendapati miom bersarang dalam rahimku. Jujur saja sebagai perempuan aku sangat takut sekali begitu mengetahui ada miom dalam rahimku, bisakah aku hamil? Apakah harus operasi terlebih dahulu? Banyak pertanyaan dikepalaku dan membuat hari itu serasa ditabrak oleh truk pembawa permen lolli pop. Dr Damar menyarankan kepadaku tidak usah panik karena banyak pasiennya yang didapati miom dan bisa hamil. Setelah itu aku diprogram mulai dari masa subur dan mengatur jadwal kapan boleh campur dengan suami, ini bisa dilihat selama 4 bulan jadi setelah 4 bulan tidak juga hamil, aku harus kembali lagi dengan rentetan program lanjutan.

Pertemuan kedua...
Setelah melakukan anjuran dari dr Damar untuk menghitung siklus menstruasi dan masa ovulasi selama 4 bulan, saya pun masih selalu negatif jika testpek. Pertemuan kedua dr Damar memintaku untuk mengambil darah untuk mengetahui beberapa test, karena hasil test bisa ditunggu jadi hasilnya keluar pada hari itu juga. Bersyukur sekali karena hasil test lab aku semuanya normal, begitu hasil tes lab sudah diketahu makan bisa dilakukan tes lanjutannya, berupa test HSG untuk mengetahui saluran rahimnya apakah bagus atau tidak. Tes HSG dilakukan bulan depannya setelah dari test lab pengambilan darah. Maklum saat itu lagi ngumpulin keberanian untuk pemeriksaan HSG, mudah-mudahan selalu diberi kelancaran karena hanya kata-kata ini yang selalu tersematkan dalam doaku.

Pertemuan ketiga...
Test HSG dilakukan pada pagi hari dan hanya akulah satu-satunya yang akan melakukan test HSG, dan alhamdulillah dokter yang melakukan test HSG pun menenangkan sekali jadi gak ada rasa takut pada waktu itu. Lupa waktu itu siapa nama dokternya, yang jelas perempuan dan baik sekali. Bahkan saat test dilakukan aku tidak tau kalau sudah dimasukkan cairan kontras untuk melihat saluran rahim. karena yang pertama tidak sakit makan ditambahkan kembali sinar kontrasnya, dan ini ngilu dikit sebenernya. Dan dokter itu cuma bilang, kalau nanti lahiran normal kira-kira kalau dilakukan induksi akan seperti sekarang ini rasanya. Jadi aku sudah punya gambaranlah untuk persiapan lahiran jika normal. Karena hasilnya tidak bisa ditunggu, dan hasil baru keluar keesokan harinya  Lagi pula yang bisa baca hasilnya dokter Damar yang berhak untuk menyampaikannya.

Pertemuan keempat...
Karena hasil HSG sudah keluar maka kami datang ke rumah sakit mengetahui hasil dari tes HSG, sempat dag dig dug juga buat dengerin hasilnya. Hasil tes mulai dibacakan dan perut semakin mules, hahahahaa.... Tadaaaa... begitu hasil dibacakan, alhamdulillah hasil tes HSG aku bagus dan normal. Jalan rahimku juga bagus semua jalan rahim aman. Karena semua tes untuk perempuan selesai dilakukan, maka dokter Damar meminta giliran sang suamilah yang menjalankan pemeriksaan. Suamiku sudah dijadwalkan untuk pengambilan sperma pada minggu depan dan pada pagi hari.

Pertemuan keenam...
Jam 7 pagi kami sudah berada di rumah sakit Asri, karena sudah dijadwalkan untuk pengambilan sperma yang nantinya akan diketahui hasilnya. Hasil sperma keluar pada siang hari, jadi selama menunggu hasil keluar kita jalan-jalan keluar sambil makan dan killing time sampai hasil itu keluar. Jam 14.00 hasil sperma sudah ada dan sebagai orang awam kami gak tau gimana cara bacanya, Jadi kami serahkan kembali kepada dokter Damar, tapi memang ada hasil yang di high light dengan warna merah, memang gak parah sih tapi itu harus diperbaiki.

Pertemuan ketujuh...
Kembali lagi bertemu dengan dokter Damar dengan membawa hasil test sperma, apapun hasilnya kami sudah siap. Ternyata hasilnya sperma suamiku kurang banyak, dan ini harus dikonsultasikan kepada dokter urologi. Saat itu wajah suamiku sempat sedih tapi kita berdua selalu menguatkan untuk hal ini. Ini memang tidak mudah diterima oleh lak-laki karena memang ini hal yang sangat sensitif sekali karena berhubungan dengan keturunan. Tapi alhamdulillah suamiku mau berjuang dan terus melanjutkan program kehamilan untukku. Dokter Damar memilihkan beberapa dokter urologi dan tinggal mengecek saja dokter mana yang available pada hari yang kita inginkan.

Pertemuan kedelapan...
Untuk dokter urologi kali ini kita dateng pada hari kamis karena kebetulan dokternya ada dihari kamis, kita mau tau lebih cepat hasil dan apa yang akan harus dilakukan. Dokter urologi yang kita pilih saat itu adalah dokter Ponco, pertemuan yang sangat hangat dengan dokter Ponco. Setelah suamiku diperiksa oleh dokter Ponco ternyata suamiku terkena Vericocele dan tindaknya yang dilakukan hanyalah operasi dengan memotong jaringan yang rusak agar tumbuh jaringan yang baru dan bagus. Pada pertemuan pertama kami dengan dokter Ponco, beliau langsung menanyakan kapan kesiapan kita untuk melakukan operasi? Dan kami pun minta segera dilakukan operasi. Operasi juga harus berdasarkan jadwal keberadaan dokter Ponco, kebetulan kita memilih operasi pada hari jumat. Karena operasi Vericocele ini merupakan operasi kecil jadi bisa 1 malam saja untuk menginap di rumah sakit, tapi kami memilih 2 malam agar suamiku bisa instirahat. Oh yaaa... untuk memastikan tentang hal ini, dokter Ponco meminta kami untuk bertemu dengan dokter Sigit untuk konsultasi lebih lanjut. Dan setelah bertemu dengan dokter Sigit, ternyata mereka ada teman semasa kuliah dan memang untuk hal ini meraka selalu meminta saran satu sama lain.

Pertemuan kesembilan...
Kali ini suami saya harus mempersiapkan mental untuk menajalani operasi Vericocele yang berlangsung pada sore hari waktu itu, sore itu aku ditemani oleh mama, papa dan mas Alwin (temanku yang juga teman suamiku dikantor). Operasi berjalan 45 menit dan masa pemulihan selama 1 jam, banyak doa yang selalu aku panjatkan untuk suamiku ini dan juga doa dari orang-orang terdekat yang tak putus ikut mendoakan program kami ini. Sebenarnya banyak yang tidak tau dengan proses operasi suamiku ini.Setelah operasi ini aku dan suamiku memiliki harapan yang baru untuk masa depan kami.

Pertemuan kesepuluh...
Kali ini dateng kerumah sakit Asri untuk bertemu dokter Ponco karena mau lepas jahitan dan kontrol hasil operasi dua minggu lalu. Hasil dinyatakan bagus oleh dokter Ponco dan beliau berpesan kepada kami. Bahwa untuk pemulihan ini memakan waktu kurang lebih 3 - 4 bulan untuk membuat jaringan yang baru. Jadi dia meminta jika aku sudah hamil dalam masa waktu yang sudah ditentukan langsung menghubungi beliau.


ALHAMDULILLAH... Pada bulan Maret aku dinyatakan POSITIF hamil, ini pun aku tidak ngeh kalau lagi hamil. Karena bulan Maret lalu itu kita mengurus visa untuk Sydney jadi begitu tau sudah hamil semuanya batal demi keamanan dan kesehatan. Senangnya bukan main waktu pagi itu aku iseng-iseng testpek karena berasa kok udah lama gak dateng bulan, ternyata hasilnya sangat menggembirakan dan membuat aku dan suamiku pagi itu nangis bahagia karena kami diberikan kepercayaan untuk mendapatkan momongan.

Jadi jangan pernah takut mencoba untuk program kehamilan, karena pada dasarnya baik istri maupun suami haruslah saling membantu dan bekerjasama dengan baik demi keinginan untuk mendapatkan momongan.

58 komentar:

  1. Selamat yaa,ikut seneng bacanya
    Bisa share rincian atau perkiraan biayanya kak?trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi...

      Salam kenal ya, biaya akan aku reply via email ya dan semoga membantu.

      Hapus
    2. Hai kak, mohon info untuk rincian program nya di rs asri ya..yapazra@gmail.com

      Hapus
  2. Hai mba, boleh tau rincian atau perkiraan biayanya? Sangat membantu sekali 😊 Emailku puan.ayu@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sudah email ya mbak, semoga bermanfaat. Jika mau tanya-tanya lebih detail boleh add line: akuchichie

      Hapus
  3. Hi, salam kenaaal
    aku boleh dishare rincian biayanya mba? sy rencana program hamil dalam waktu dekat nih. kindly share to annisahandyana@gmail.com
    thanks yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Annisa,

      Saya coba email ke kamu tapi bounced terus nih, apakah ada email lain? Atau jika mau ngobrol atau tanya-tanya bisa add line aku gpp di LINE: akuchichie

      Hapus
    2. Yaampun ternyata aku typo mba, harusnya emailnya : annisahandayana@gmail.com . Minta tlg resend ya mba. Makasih banyaaaak

      Hapus
  4. Mba boleh share rincian biayanya ya ke email aku rizkiamaliasatya1107@gmail.com makasihhh mba ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba, aku sudah email ya jika ingin tanya boleh via line: akuchichie

      Hapus
  5. Mba boleh share rincian biayanya ya ke email aku rizkiamaliasatya1107@gmail.com makasihhh mba ☺

    BalasHapus
  6. Mba.. Boleh tolong info biayanya? Terimakasih ini email ku : putri.istiqomah@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi mba, aku sudah email ya. Jika ingin tanya-tanya boleh kok hubungi aku via line: akuchichie

      Hapus
  7. Mbaa.. Bisa minta tolong share rincian biayanya ke email aku di kinki.hayde29@gmail.com
    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terimakasih mba ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mba, aku sudah email ya semoga sudah sampai emailnya. Jika ingin tanya-tanya boleh kok hubungi aku via line: akuchichie

      Hapus
  8. Mbak bisa share rincian biaya nya kah...ke email aq di annicejiang1988@gmail.com

    BalasHapus
  9. Salam kenal mbak. Saya juga minta info rincihan biaya nya boleh ya. . Memelmel28@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sudah email ya mbak, semoga bermanfaat. Jika mau tanya-tanya lebih detail boleh add line: akuchichie

      Hapus
  10. Mba saya minta rincian biayanya ya mba, email saya rininovianti34@gmail.com , terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah saya email ya mba, jika mau tanya-tanya boleh line: akuchichie

      Hapus
  11. What a great story.. Aku juga jd pengen tau total/rincian biayanya Kak, tolong eMail ya Kak.. aufrizal@yahoo.com
    Trims Kak, semoga Keluarganya sehat selalu yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mas Aufrizal, sudah saya email ya. Jika ingin tanya-tanya boleh via line: akuchichie

      Hapus
  12. Mba saya jg minta rincian biayanya ya, email saya edwinluck101@gmail.com, terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mas,

      Salam kenal ya, semangat terus ya mas, Akan aku kirimkan by email ya

      Hapus
  13. Mb,aku jg lagi mau program hamil nih,tp msh belum tau dokter2 yg enak buat promil. Setelah baca pengalaman mb,aku jd tertarik buat promil d dokter yg sama seperti mb. Boleh minta info hargany mb? Emailku ditrydeasy@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Deasy

      Aku emailkan ya rinciannya, terima kasih.

      Hapus
  14. Wah selamat ya mba..

    Saya boleh minta rincian biayanya ya. Ini email saya risna.sari99@gmail.com
    Terimakasih mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah kirim email ya mbak, jika ada yang kurang jelas dan ingin ditanyakan bisa line saya: akuchichie

      Hapus
  15. Mba saya minta rincian biaya nya agar bisa mempersiapakan biaya juga , ini email saya saril2655@gmail.com . Tolong dikirimin ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah kirim email ya mbak, jika ada yang kurang jelas dan ingin ditanyakan bisa line saya: akuchichie

      Hapus
  16. Hai mba ceritana bagus jd membuat sy berani mw mencoba promil,tadinya mw cb promil agk tkt krn test" yg bgt panjang ditmbh cerita temen.kalau saya boleh tau bisa say minta rincian biayanya gag? Untuk gambaran besaran biayanya.Bisa di email ke aidha040392@gmail.com sy tunggu ya mba,terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak, kalau saran saya jangan denger cerita seremnya, bayangkan setelah nanti programnya sukses dan mbak gendong2 bayi lucu. Aku pun sama, baca artikel sana-sini kok bikin drop tapi aku yakin kalau bisa, semangat ya mbak.

      Hapus
  17. Saya juga berkeinginan untuk promil mbk, bolehkah juga minta rincian biayanya. Trimkasih sebelumnya

    BalasHapus
  18. Wah selamat ya mba..

    Saya boleh minta rincian biayanya ya. Ini email saya shivadcc@gmail.com
    Terimakasih mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mbak, kebetulan saya sudah email ya mbak. nanti kalau mau tanya2 jangan sungkan ya.

      Hapus
  19. hai mbak chichi, salam kenal, selamat ya mbak atas kehamilannya.. 😘😘
    boleh donk mbak minta tolong dikirimin juga rincian biaya nya. ini email ku umdatul.khoirot@gmail.com
    thank you so much mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak, terima kasih ya. Aku juga sudah email dirimu ya mbak, siapa tau bisa jadi bahan pertimbangan ya jangan sungkan kalau ada yang ingin ditanyakan

      Hapus
  20. Hallo mba. Saya terharu bacanya.. Selamat ya mba atas kehamilannya, semoga proses kehamilan dan persalinannya lancar ya mba..
    Anyway, bs tlg share rincian biayanya ke email saya (emawulandini@ymail.com) juga mba? Saya berniat utk program. Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak Ema, please kindly check ya

      http://akuchichie.blogspot.co.id/2017/02/perjalanan-program-kehamilan-saya-dan.html

      ini tulisan beberapa waktu lalu.

      Hapus
  21. Hai mba chichi salam kenal ya.. selamat atas kehamilannya.. mudah mudahan aku bisa nular juga.. btw aku juga minta dong ttg rincian biayanya untuk program hamil. Bisa email ke aku linaaapuspita@gmail.com
    Makasih banyak ya sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak Lina,

      Bisa cek link dibawah ya, aku sempat nulis beberapa waktu lalu

      http://akuchichie.blogspot.co.id/2017/02/perjalanan-program-kehamilan-saya-dan.html

      Hapus
  22. Hallo mba. lengkaaaaaap banget ceritanya. Selamat ya Mba.. kalau boleh saya minta rinciannya ke mirarahmimira@yahoo.com dong mba. makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak Mira,

      Bisa cek link dibawah ya, aku sempat nulis beberapa waktu lalu

      http://akuchichie.blogspot.co.id/2017/02/perjalanan-program-kehamilan-saya-dan.html

      Hapus
  23. Hallo mba.. Boleh minta rincian biaya nya ke email ku flocatharina06@gmail.com .. Makasih sebelumnya info nya sangat bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Flo,


      Bisa cek link dibawah ya, aku sempat nulis beberapa waktu lalu

      http://akuchichie.blogspot.co.id/2017/02/perjalanan-program-kehamilan-saya-dan.html

      Hapus
  24. bunda, tulisannya bagus dan membuat saya semangat ingin mencoba promil jg. saya sudah 1,5th menikah tp blm dpt momongan. sempet konsul ke spog tapi katanya tunggu usia pernikahan >1th. oiya, alamat rsia nya dimana ya bun? saya di cemput, jakpus. skalian tlg share harga rinciannya kesini ya bun.. sellihaerani7992@gmail.com

    makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,


      Maaf saya baru sempat baca replynya di blog, semalam saya menuliskan cerita ini di blog siapa tau bisa membantu ya.

      http://akuchichie.blogspot.co.id/2017/02/perjalanan-program-kehamilan-saya-dan.html

      Semoga bermanfaat ya. Terima kasih

      Hapus
  25. asssalamu'alaikum mba suci....
    seneng denger cerita mba, jd ga bikin drop gtu. aku jg mau dong diksi tau rincian harga2nya... boleh di email ke hoshistar24@gmail.com. makasih ya mba.... smoga keluarga mba diberi kesehatan dan keberkahan oleh Allah swt. aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak, maaf saya baru respon ini ada tulisan saya juga di blog siapa tau bisa membantu ya. Terima kasih

      http://akuchichie.blogspot.co.id/2017/02/perjalanan-program-kehamilan-saya-dan.html

      Semoga bermanfaat ya. Terima kasih

      Hapus
  26. Seneng bacanya , selamat ya mbak .. aq udah 1 th menikah dan belum dikasih, konsul k bbrp spog , kemungkinan besarnya memang krn LDR (suami d jkt, saya d jogja, ketemunya 1minggu sekali) , jadi rencana mau promil kalau sudah selesai kontrak kerja, hhe
    Kl boleh tau biaya dr awal sampai akhirnya brp ya mbak? Bisa d email ke yumswit@gmail.com

    Makasih ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak, maaf saya baru respon ini ada tulisan saya juga di blog siapa tau bisa membantu ya. Terima kasih

      http://akuchichie.blogspot.co.id/2017/02/perjalanan-program-kehamilan-saya-dan.html

      Semoga bermanfaat ya. Terima kasih

      Hapus
  27. Seneng bacanya , selamat ya mbak .. aq udah 1 th menikah dan belum dikasih, konsul k bbrp spog , kemungkinan besarnya memang krn LDR (suami d jkt, saya d jogja, ketemunya 1minggu sekali) , jadi rencana mau promil kalau sudah selesai kontrak kerja, hhe
    Kl boleh tau biaya dr awal sampai akhirnya brp ya mbak? Bisa d email ke yumswit@gmail.com

    Makasih ☺

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Selamat ya mba.. seneng dengernya. Semoga nular ke aku ya. Boleh share rincian biaya ke aku ya mba ke email fitriani.pipi@gmail.com kebetulan rs asri ga jauh dr rmh aku. Makasih banyak mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak, maaf saya baru respon ini ada tulisan saya juga di blog siapa tau bisa membantu ya. Terima kasih

      http://akuchichie.blogspot.co.id/2017/02/perjalanan-program-kehamilan-saya-dan.html

      Semoga bermanfaat ya. Terima kasih

      Hapus
  30. Haloo...aduh pas bgt aku cari2 info. Rs asri ya...bole share info harganya kah ke astrodce@gmail.com
    Aku merit 1 tahun..LDR...pengen program jg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak, maaf saya baru respon ini ada tulisan saya juga di blog siapa tau bisa membantu ya. Terima kasih

      http://akuchichie.blogspot.co.id/2017/02/perjalanan-program-kehamilan-saya-dan.html

      Semoga bermanfaat ya. Terima kasih

      Hapus